Tips Mudah Mencari Kerja bagi Fresh Graduate

Sudah lulus studi? Anda mau lanjut ke tahap mencari kerja? Beginilah tips mudah mencari kerja bagi Anda kaum fresh graduate, simak penjelasan berikut ini

Di dalam dunia kerja maupun dunia pendidikan, dikenal istilah fresh graduate atau ada juga yang menyebutnya fresh graduated. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan fresh graduate yang sering muncul di pengumuman lowongan pekerjaan itu?

Apa Arti Fresh Graduate?

Secara mudah, fresh graduate dimaknai sebagai seseorang yang baru saja lulus dari pendidikan, umumnya perguruan tinggi. Akan tetapi penafsiran dari fresh graduate sendiri bisa relatif. Bahkan tergantung dari siapa yang menyebutkan predikat itu.

Jika perusahaan yang menyebutkan dan menginginkan fresh graduate, tentunya ia adalah orang yang memiliki kriteria di bawah ini :

  • Secara administratif akademis telah dinyatakan lulus.
  • Baru lulus study, dan tahun kelulusan tidak melebihi satu tahun dari sekarang.
  • Belum pernah bekerja sejak lulus kuliah atau sekolah.
  • Berusia muda, biasanya maksimal usia 25 tahun.

Belum tentu orang yang baru lulus dari kuliah di sebut sebagai fresh graduate oleh perusahaan. Karena, bisa jadi ada mahasiswa yang masuk kuliah di usia yang sudah tidak muda, dan ketika lulus, tentu perusahaan tidak mengkategorikannya sebagai fresh graduate ketika mendaftar kerja.


Tips mencari kerja untuk fresh graduate, Sumber: marketplace.org

Tips Fresh Graduate Bagi Anda yang Telah Selesai Studi

Setelah lulus studi, tentu aktivitas selanjutnya yang dilakukan bukan lagi belajar di kampus dan mendapatkan jatah saku orang tua. Sebaiknya, untuk menapaki tahap selanjutnya agar lebih baik dalam hidup, Anda perlu melakukan hal ini :

Mencari Kerja

Sudah selayaknya ketika Anda lulus dan berhasil menyelesaikan pendidikan baik di sekolah tinggi maupun sekolah kejuruan untuk segera masuk di dunia kerja. Artinya Anda segera mencari pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan yang Anda peroleh ketika menempuh pendidikan.


Menariknya adalah, banyak diantara perusahaan yang membuka lowongan pegawai baru, ternyata memilih merekrut calon tenaga kerja yang baru selesai pendidikan atau istilahnya fresh graduate. Bisa dibilang, fresh graduate memiliki banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan.


Untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan keterampilan yang Anda miliki, ada banyak cara yang bisa Anda tempuh:


1. Melalui iklan lowongan

Anda bisa menemukan pekerjaan melalui iklan lowongan penerimaan pekerjaan di media yang bisa Anda jangkau, baik media cetak maupun media elektronik. Anda memang perlu bersabar untuk mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan skill Anda.

Sebenarnya untuk menemukan lowongan pekerjaan dengan formasi yang sesuai dengan minat Anda bisa dibilang gampang-gampang susah. 


Terkadang Anda akan susah menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai, tetapi ada kalanya iklan lowongan yang sesuai dengan minat dan bakat lewat begitu saja di beranda media sosial Anda.


Intinya, untuk mendapatkan formasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat dan relevan dengan jurusan pendidikan Anda tidaklah mudah. Selalu berusaha mencari, mencoba dan bersabar adalah kuncinya.


2. Melalui website atau media sosial khusus

Cara termudah untuk mendapatkan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda adalah dengan melalui website khusus pencari kerja atau akun media sosial semacam LinkedIn. 


Platform tersebut akan memberikan Anda notifikasi melalui email atau notifikasi di website ketika ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat yang ada pada diri Anda. Namun sebelumnya tentu Anda harus mendaftar dan mengisi banyak data yang nantinya diperlukan untuk pencarian pekerjaan yang sesuai di direktori.


3. Dari relasi

Jika Anda memiliki kerabat, teman atau mungkin tetangga yang telah bekerja di institusi tertentu, Anda bisa menanyakan informasi apakah perusahaan atau institusi tempat mereka bekerja membuka lowongan yang sesuai dengan skill yang Anda miliki.


Terkadang beberapa perusahaan atau institusi merekrut tenaga kerja baru dari lingkaran relasi pekerja yang sudah ada. Muhammadiyah misalnya, berbagai amal usaha yang dimilikinya biasanya merekrut karyawan baru dari circle keluarga yang telah bekerja di amal usahanya.


4. Mengikuti bursa

Bursa tenaga kerja memang diselenggarakan untuk menjaring tenaga kerja potensial yang belum memiliki pekerjaan untuk mengikuti seleksi masuk perusahaan secara bersama-sama. Biasanya bursa tenaga kerja diadakan di sebuah kota yang memiliki banyak penduduk usia produktif.


Biasanya bursa tenaga kerja diikuti oleh berbagai perusahaan besar yang ada di berbagai kota. Namun sejak keberadaan pandemi, acara seperti ini cenderung dibatasi. Terlebih lagi saat ini banyak perusahaan melakukan perekrutan melalui internet untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas.


Mandiri

Seseorang yang telah lulus kuliah hendaknya memulai kehidupan yang mandiri. Setidaknya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari sudah tidak dibebankan kepada orang tua. Karena itulah mencari kerja untuk mandiri adalah hal yang harus dilakukan oleh para fresh graduate.


Namun, bagaimana jika tidak segera mendapatkan pekerjaan? Anda bisa melakukan hal ini ketika pekerjaan tidak kunjung didapatkan :


1. Membuka usaha sendiri

Langkah terbaik ketika mencoba untuk mandiri secara finansial adalah dengan membuka usaha sendiri. Namun biasanya ketika membuka usaha sendiri, permodalan adalah tantangan yang selalu dihadapi oleh orang yang membuka usaha.


Disinilah masalahnya, ketika seorang yang baru lulus kuliah langsung dilepas oleh orang tua untuk mandiri dengan mencari kerja. Padahal pekerjaan belum tentu mudah didapatkan. Maka langkah terbaik memang membuka usaha sendiri. Membuka usaha dari nol adalah sulit, namun hal itu bukan sesuatu yang mustahil.


2. Freelancer

Menjadi freelancer bisa jadi alternatif untuk mendapatkan pemasukan. Anda bisa berburu pekerjaan paruh waktu sebagai tenaga ahli di website freelancer. Jurusan pendidikan yang membekali skill tertentu, seperti desain grafis, akuntansi, dan sejenisnya akan mudah mendapatkan pekerjaan di platform ini.


Pola Pikir Diubah

Ketika Anda sudah  menyelesaikan pendidikan tinggi, tentu Anda bukan orang yang memiliki sikap kekanak-kanakan lagi, tidak melakukan hal yang tidak berguna dan tentunya harus fokus memikirkan masa depan. Keputusan yang mempengaruhi keadaan Anda di masa depan, adalah milik Anda sendiri.


Karena itu, segera berpikir dan bertindak untuk membuat perencanaan yang nantinya bisa Anda jadikan sandaran untuk melangkah. Dan hasil akhirnya, Anda bisa memperoleh kenyamanan di hari tua.

Mulai mencari lowongan pekerjaan ketika sudah lulus, Sumber: inc.com

Fresh Graduate Kerja? Apakah Bisa Diandalkan?

Penggunaan tenaga kerja fresh graduate terkadang menimbulkan pro kontra di kalangan internal perusahaan sendiri. Disisi lain mereka masih muda dan memiliki pemikiran inovatif. Selain itu, untuk berjuang meraih tujuan tertentu, mereka masih bersemangat.


Namun dari sisi pengalaman kerja, mereka tentu tidak memilikinya. Sehingga ketika dihadapkan pada kondisi tertentu, banyak yang meragukan kemampuannya. Apakah fresh graduate bisa diandalkan ketika bekerja?


Sebenarnya semua tergantung dari diri masing-masing. Inilah tugas HRD ketika mereka melakukan perekrutan. Mereka harus bisa memilah, dari para fresh graduate yang mengajukan lamaran, siapa diantara dari mereka yang layak untuk diterima.


Keunggulan Fresh Graduate di Dunia Kerja

Pihak kampus menyiapkan toga, menyewa gedung, menghubungi jasa cetak lanyard untuk memproduksi souvenir wisuda tidak hanya sekedar memberikan tanda bahwa anak didiknya selesai studi. Fresh graduate yang dihasilkan institusi pendidikan diharapkan memiliki keunggulan di dunia kerja. Setidaknya, fresh graduate di dunia kerja memiliki keunggulan sebagai berikut:


Memahami Perkembangan Jaman

Seseorang yang usianya lebih muda, biasanya ia akan lebih memahami perkembangan jaman. Apalagi terkait dengan dunia digital dan teknologi, anak muda tentu lebih maju daripada orang yang sudah berumur, meskipun ia berpengalaman dalam mengarungi hidup. Alasan inilah yang mendasari mengapa banyak anak muda, yang biasanya banyak ditemukan pada kelompok fresh graduate, yang banyak direkrut oleh perusahaan. 


Selalu Belajar

Meskipun baru saja menyelesaikan pendidikan, seorang fresh graduate biasanya akan penasaran dan ingin selalu mempelajari hal baru yang ada di lingkungannya. Termasuk dalam hal ini adalah lingkungan tempat dimana ia bekerja.


Karena mental seperti inilah, anak muda dalam kelompok fresh graduate mudah diarahkan oleh para senior dimana ia bekerja. Dengan kata lain, ia akan mudah beradaptasi dengan ritme kerja, cara kerja dan mungkin strategi yang digunakan dalam bekerja.


Melamar pekerjaan di suatu perusahaan, Sumber: infosdm.com

Inovatif

Anak muda yang belum memiliki beban pikiran yang banyak akan lebih leluasa dalam memikirkan segala hal. Termasuk dalam hal perencanaan, pencapaian target dan pemikiran yang bersifat strategis. Pola pemikiran seperti ini sangat dibutuhkan di masa sekarang.

Pemikiran yang inovatif dari anak muda banyak yang menelurkan strategi baru dalam bisnis. Hal ini menjadikan perusahaan terbantu menghadapi permasalahan baru yang ada.


Bersemangat

Usia muda merupakan usia yang semangat-semangatnya dalam meraih tujuan. Dengan merekrut kelompok fresh graduate di dalam formasi perusahaan Anda, maka Anda akan menemukan anak muda yang bersemangat dalam bekerja. Diharapkan semangat ini akan menular kepada yang lain yang lebih tua. 


Itulah beberapa keunggulan fresh graduate di dunia kerja. Dengan menggunakan tenaga kerja muda yang masih fresh, tentu diharapkan perusahaan bisa lebih bisa bertahan di dunia bisnis yang serba berubah. Sebab merekalah kelompok yang lebih memiliki respon cepat ketika perubahan terjadi.

Administrator
  21 Feb 2022