Inilah Fungsi ID Card dan Cara Merawatnya

Karyawan, mahasiswa, hingga panitia event menggunakan ID card. Sebeneranya fungsi dari ID card ini apa sih? Lalu gimana cara merawatnya?

Hampir semua karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan menggunakan ID card, namun terkadang masih ada yang belum tau fungsi dari ID card itu apa. Untuk memudahkan penggunaanya, ID card ini akan digantungkan di leher menggunakan tali.

Tali tersebut bernama lanyard, mungkin masih sedikit asing dengan sebutan lanyard ya. Penyebutan lanyard ini masih asing ditelinga masyarakat umum, karena biasanya lanyard lebih populer dengan sebutan tali ID card. Selain karyawan, mahasiswa ataupun panitia sebuah event juga biasanya menggunkan ID card beserta lanyard.

Untuk ukuran ID card juga bermacam-macam, tergantung dari apa kebutuhannya. Jika untuk rapat, seminar, atau kegiatan formal, biasanya ID card akan menggunakan ukuran B3. Tidak lupa juga menggunakan lanyard untuk menambah keindahan tampilannya.

Fungsi ID Card

Secara umum pengertian ID card adalah tanda pengenal yang berbentuk seperti kartu dan di dalamnya memuat informasi mengenai data diri pemiliknya. Bentuk dan ukuran dari ID card ini juga berbeda-beda tergantung dengan kebutuhannya. Berikut beberapa fungsi ID card yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Terlihat Lebih Profesional

Adanya ID card yang menggantung di leher membuat Anda tampil lebih profesional. Sehingga saat Anda harus mengunjungi orang penting seperti klien, akan menunjukkan keprofesionalitasan. Terlebih di dalam ID card tersebut biasanya juga memuat informasi mengenai perusahaan yang menaungi Anda.

Biasanya pada bagian lanyard juga akan ada informasi mengenai perusahaan. Umumnya desain lanyard akan memuat nama atau simbol dari sebuah perusahaan. Jika hanya polosan, Anda bisa mendesainnya sendiri ke jasa cetak lanyard. Tujuannya agar tampilan Anda akan terlihat lebih mengesankan.

Fungsi ID card dan cara merawatnya, Sumber: behance.net

2. Sebagai Presensi Karyawan

Seiring perkembangan zaman, teknologipun juga ikut mengalami perkembangan yang pesat. Salah satu fungsi ID card selanjutnya ialah digunakan sebagai presensi kehadiran. Perusahaan-perusahaan besar banyak yang menggunakan ID card sebagai presensi, tujuannya untuk mempermudah absensi.

Jadi pastikan Anda selalu membawa ID card ya, jangan sampai ketinggalan. Karena jika ketinggalan, secara otomatis Anda akan dianggap tidak masuk kerja karena tidak ada data kehadiran yang masuk. Untuk ID card yang ini, biasanya terdapat barcode atau pin yang nantinya akan di tap pada mesin absen.

Meskipun digunakan sebagai presensi, namun desain dari ID card ini tetap dibuat fasionable loh. Tujuannya agar karyawan tetap nyaman menggunakannya, dan bisa dijadikan sebagai penambah tampilan saat bekerja lebih menarik.

3. Sebagai Akses Keluar Masuk Kantor

Di beberapa perusahaan besar saat ini telah menerapkan akses keluar masuk yang menggunakan ID card ini. Jadi selain karyawan, tidak diperkenankan untuk keluar masuk kantor seenaknya. Penggunaan sistem seperti ini sudah banyak diterapkan di luar negeri. Sehingga selain sebagai tanda pengenal fungsi ID card ini juga sebagai akses keluar masuk kantor.

Meskipun di Indonesia masih jarang dijumpai atau bahkan belum menerapkannya, bukan berarti ke depannya tidak akan menerapkannya. Kita tunggu saja ya, perusahaan-perusahaan di Indonesia menerapkannya. Karena memang sistem ini bagus untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Mempromosikan Perusahaan

Adanya ID card ini juga bisa dijadikan sebagai bahan promosi perusahaan. Banyaknya karyawan yang menggunakan ID card yang memperlihatkan identitas perusahaan dapat membuat orang lain tertarik terhadap perusahaan tersebut. Hingga tidak jarang yang mulai penasaran dan mencari tau itu perusahaan apa.

Namun tetap diingat ya, saat sedang menggunakan identitas perusahaan ini Anda tetap mencerminkan sebagai karyawan yang baik. Jangan berbuat hal-hal aneh yang  nantinya bisa merugikan perusahaan. Jadi pada saat menggunakan ID card ini usahakan untuk berbuat yang baik, ramah, dan sopan terhadap semua orang.

5. Mudah Dikenali

Pada saat berpapasan dengan karyawan lain atau atasan saat berada di kantor, Anda menjadi lebih mudah dikenali apabila menggunakan ID card. Biasanya orang-orang akan membaca identitas yang tercantum di ID card tersebut, sehingga lebih mudah dikenali.

Karena kebanyakan orang sulit untuk mengingat nama. Saat melihat muka mungkin saja ia mengenalinya, namun lupa namanya. Jadi ketika menggunakan ID card ini akan lebih mudah untuk mengenali Anda.

Penggunaan ID card, Sumber: fmipa.um.ac.id

Jenis ID Card

Meskipun terlihat sama, namun ternyata ID card memiliki jenis yang berbeda-beda loh. Anda perlu mengetahui apa saja jenis ID card yang ada, berikut beberapa diantaranya:

  • ID Card Magnetik. Untuk ID card magnetik ini tidak hanya dijadikan sebagai tanda pengenal saja, namun juga sebagai alat untuk pembayaran. Anda bisa menggunakan jenis ID card yang satu ini untuk melakukan transaksi pembayaran. Misalnya saja seperti kartu ATM dan kartu kredit.
  • ID Card Standar. Untuk ID card standar ini bisa Anda jumpai dengan mudah, karena digunakan secara umum oleh karyawan, mahasiswa, ataupun panitia event. Biasanya ID card yang satu ini memuat informasi mengenai identitas diri, foto, jabatan, hingga nama perusahaan. 
  • Kartu Mifare. Jenis ID card selanjutnya ialah kartu mifare. Biasanya ID card yang satu ini digunakan untuk membaca data sesuai dengan penggunaan kartu. Anda bisa menjadi kartu mifare ini pada tiket, kartu toll, public transportation, parking, sistem absensi, kartu kredit dan masih banyak lagi yang lainya.
  • ID Card Proximity. Untuk jenis ID card selanjutnya ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Jadi data yang terdapat di ID card ini tidak bisa sembarang orang bisa mengaksesnya. Sehingga dapat mencegah terjadinya pemalsuan ID card. Fungsi ID card yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai memori penyimpan data dan lain sebagainya.

Cara Merawat ID Card

Setelah mengetahui apa saja fungsi ID card dan jenisnya, sekarang Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat ID card agar tetap awet meskipun sudah lama digunakan. Untuk melindungi ID card dari goresan, Anda bisa menggunakan pelindung. Dengan pelindung tersebut dapat meminimalisir ID card rusak akibat goresan.

Cara selanjutnya ialah dengan rutin membersihkannya dengan menggunakan kain yang lembut. Tujuannya agar menghilangkan debu-debu halus yang mungkin menempel pada ID card Anda. Sehingga nantinya tidak akan menjadi noda yang membandel.

Jangan lupa juga untuk meletakkan ID card di posisi yang terjangkau. Karena ID card memiliki lanyard, jadi Anda bisa menggantungkannya di tempat yang mudah terlihat. Jika Anda meletakkan sembarangan, dikhawatirkan ID card terselip dan Anda kerepotan untuk mencarinya.

Perawatan ID card yang tepat, Sumber: inet.detik.com

Ada sedikit informasi untuk Anda yang membutuhkan lanyard, baik untuk kebutuhan kantor, event, ataupun kebutuhan lainnya yang menyangkut penggunaan lanyard, Anda bisa menghubungi Jagoan Lanyard untuk pembuatannya.

Jagoan Lanyard merupakan salah satu penyedia jasa pembuatan lanyard custom. Jangan ragu untuk melakukan pemesanan lanyard kepada kami. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan menghubungi kami di kontak yang telah tersedia. 

Administrator
  27 Nov 2021